Pembukaan
DPP Walubi
DPD Walubi
Perwakilan
Program Umum
Lambang
Ikrar
Hymne



WARTA WALUBI


WARTA MAJELIS



Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

Menag Buka Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional ke-VI Tahun 2015 di Jakarta

Even ini jadikanlah pondasi cinta Indonesia menjunjung tinggi & berkomitmen untuk hidup damai

Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi Sippa Dhamma Samajja tingkat Nasional ke-VI Tahun 2015 dengan pemukulan gong di Mercure Convention Center, Ancol-Jakarta, pada Selasa (27/10) malam.

Hadir selain Drs.Dasikin Dirjen Bimas Buddha, sebagai undangan : Irjen Pol (p)Drs.Budi Setiawan, Dra.S.Hartati Murdaya Ketua Umum DPP Walubi, DR.Soedjito Kusumo K.SE,MBA, Alex Tumondo, Winarni, Suhu Tekcen, Irwan, Alim Sudio, Hendra Haryadi, Moi Moi, dll.

Sippa Dhamma Samajja adalah suatu kegiatan berkumpulnya para pelajar untuk unjuk lomba dan keterampilan tentang ajaran Buddha. Diantaranya lomba baca doa,parita, seni, budaya dan cerdas cermat dan lainnya.

Sebanyak 713 siswa-siswi (391 putra dan 322 putri) dari 31 provinsi di Indonesia, baik dari tingkat SD, SMP maupun SMA-SMK, berkumpul untuk bertanding menjadi yang terbaik. Kegiatan acara dimulai 26 Oktober hingga 30 Oktober dengan memperebutkan piala bergilir Menteri Agama RI, dengan harapan para intelektual generasi muda Buddhis dapat selangkah lebih cerdas dan maju.

Menag dalam sambutannya menegaskan, lomba bukan sekedar untuk menang. Namun lebih dari itu, yang kita lawan adalah, selain orang lain, juga diri sendiri.

“Jadi, tampillah menjadi yang terbaik, namun tetap mengedepankan sportivitas dan nilai-nilai kejujuran,” pesan Menag.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana untuk menjalin hubungan persaudaraan antarumat Buddha se Indonesia, disamping sebagai media pembelajaran yang menarik serta keteladanan bagi generasi penerus untuk memupuk jiwa kemandirian yang berbudi pekerti luhur, serta membentuk jiwa dengan kesadaran tinggi, generasi unggul dan berkarakter,” ujar Menag.

Menag juga berpesan, agar yang menang tidak cepat puas juga yang kalah tidak patah semangat. Jadikan kesempatan ini sebagai penguatan dan akselerasi memunculkan berbagai pondasi cinta terhadap Indonesia dengan menjunjung tinggi komitmen untuk hidup damai.

Dra.S.Hartati Murdaya Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP Walubi)dalam sambutannya mengajak para pelajar Buddhis dituntut untuk dapat berprilaku bajik, menghormati segala perbedaan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, menjunjung tinggi kerukunan antar umat beragama serta menjunjung tinggi kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

‘‘Kami yakin umat Buddha Indonesia dapat memiliki disiplin rasa nasionalisme yang tinggi dan semangat bela Negara. Dalam rangka menuju kehidupan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur”,kata Mrs.Poo nama panggilan akrabnya.

Dikatakan Hartati Murdaya memang sesungguhnya ajaran Buddha itu indah pada awalnya, indah pada pertengahannya dan indah pula pada akhirnya. Dengan ajaran Buddha Dhamma yang amat luhur dari Sang Buddha, kita bisa hidup bahagia di dalam dunia yang serba tidak ada kepastian, tidak ada yang kekal abadi.

Orang nomor satu di Walubi itu berharap dengan terselenggarakannya kegiatan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional secara rutin ini dapat membawa kemajuan umat Buddha menuju pemahaman yang lebih baik terhadap ajaran Buddha, terhadap kondisi duniawi ini dan terhadap adanya nirvana tanpa batas.

Ditambahkan Alex Tumondo mewakili Pusat Majelis Rohaniawan Tridharma Indonesia, program kegiatan ini tentunya memunculkan bakat dan ketrampilan bagi siswa/I agama Buddha yang pasti mempunyai kebanggaan tersendiri. “ saya merasa kegiatan lomba ini sangat amat strategis bagi adik adik yang lebih mendalami ajaran agama kita”, ujarnya.

Acara pembukaan diselingi baca paritta, dan diramaikan oleh Tarian Kwan Im Tangan Seribu persembahan Majelis ZFZ Kasogatan anggota Walubi pimpinan Winarni dan Generasi Muda Dance karya Herwinda Aiko Seno Soenoto dari PSBDI anggota Walubi.



 


Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.