Pembukaan
DPP Walubi
DPD Walubi
Perwakilan
Program Umum
Lambang
Ikrar
Hymne



WARTA WALUBI


WARTA MAJELIS



Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

Ribuan Umat Buddha Ikuti Pindapata dan Perayaan Kathina Bersama 2559/2015 di Arena Jakarta Fair Kemayoran

Prosesi Pindapata Massal dan Perayaan Kathina Bersama tahun 2015 di Arena Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat berlangsung khidmad ,pada (8/11/2015) pagi.

Sekitar 160 bhikkhu dari dalam dan luar negeri seperti Thailand, Kamboja, Myanmar hadir mengikuti acara Pindapata dan Kathina Bersama ribuan Umat Buddha yang datang dari segala penjuru tanah air.

Di kesempatan itu hadir : Bhante Khanit Sannano, Bhante Pabhakaro, Drs.Dasikin, Dra.S. Hartati Murdaya Ketua Umum Walubi, Murdaya Poo, Anton Setiawan Ketua Majubuthi, Alex Tumondo Ketua Martrisia, DR.Soedjito Kusumo, Soewanto Pembimas DKI-Jakarta dan tokoh lainnya.

Kegiatan yang bertemakan “Indahnya Persatuan dalam Kebersamaan Dana Kathina” diawali dengan 160 Bhikkhu Sangha melakukan Pindapata massal. Dimana Para Bhikkhu berkeliling untuk menerima persembahan dari ribuan umat yang hadir berdiri dan berada di lokasi kegiatan.

Prosesi perayaan Kathina dipersembahkan dengan bermacam macam lagu Buddhis antara lain kelompok paduan suara Harmoni Dhamma hingga meditasi dan pembacaan doa oleh para Romo yang diikuti umat.

Bhante Wongsin Labhiko Mahathera dalam kotbahnya menyampaikan betapa pentinnya kebersamaan dan mengingatkan umat untuk selalu meningkatkan kepedulian terhadap sesama.
“Jika hal itu dilakukan maka kita sebagai umat akan selalu berbahagia” ungkapnya.



Dra.S.Hartati Murdaya Ketua Kehormatan/Ketua Umum Walubi dalam sambutannya mengatakan bahwa Kathina memiliki makna yaitu memberikan kesempatan kepada umat untuk melatih diri mengikis kekotoran batin berupa keserakahan dan kemelekatan duniawi yang dimiliki, yang telah membentuk pandangan gelap menjerumuskan kita kedalam jurang kesedihan, kemarahan, kebencian, iri hati, kekuatiran, kegelisahan, keragu raguan, ketidak berdayaan serta mendapatkan berbagai penderitaan yang tidak ada ujung akhirnya , pada kesempatan ini Hartati mengajak berbuat baik umat Buddha dalam bentuk mempersembahkan kebutuhan para Bhikkhu yang telah melakukan vassa selama 3 bulan.



Dikatakan Hartati, Puja bakti Kathina ini merupakan bukti bahwa kita semua sedang bergulat mengalahkan keserakahan, melawan kebodohan, kita sedang berjuang meniti perbuatan karma baik , untuk memperoleh buah dari karma baik yang telah kita perbuat sendiri, dan semoga Buddha memberkahi kita semua memperoleh kebahagiaan dan keberuntungan dimasa masa depan, ucapnya.



Senada Dasikin Dirjen Bimas Buddha pada sambutannya bahwa Kathina merupakan wujud persatuan dan kesatuan diantara umat dengan ulamanya dan wujud rasa bakti umat kepada Bhikkhu.

Adapun seluruh hasil yang terkumpul dari Pindapata dan Kathina Dana bersama akan diberikan ke vihara vihara yang ada di desa dan di perkotaan.






 


Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.