Pembukaan
DPP Walubi
DPD Walubi
Perwakilan
Program Umum
Lambang
Ikrar
Hymne




Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

TRAIL OF CIVILIZATION 2008

Trail of Civilisation merupakan kerjasama enam Negara ASEAN yang menjadi bagian agenda tahunan di Candi Agung Borobudur. Kesepakatan bersama untuk memperkuat ikatan dalam mewariskan pelestarian peradaban dan membangun koridor peradaban demi menjaga hubungan perdamaian dan persahabatan dalam perjanjinan yang diberi nama Deklarasi Borobudur.
Disamping itu dari enam Negara tersebut yakni, Negara Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam, Kamboja dan tuan rumah Indonesia bersepakat merevitalisasi warisan fisik dan non fisik, juga mempromosikan nilai nilai peradaban melalui pelestarian wisata budaya dilakukan sejak tahun 2006.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, meminta semua pihak dari keenam Negara untuk menjaga kebersamaan saling mengembangkan tradisi budaya dan meningkatkan komitmen, agar Deklarasi Borobudur dapat secara nyata terwujud.
“Mari kita kembangkan tradisi budaya dan peradaban yang tumbuh berkembang di enam Negara untuk mewujudkan kebersamaan, solidaritas dan persaudaraan serta saling meningkatkan kegiatan promosi wisata ziarah dan budaya secara bersama-sama” ujar Presiden Sby.
Disampaikan dalam rangka Tapak tilas Umat Buddha Internasional 2008 dalam menyambut Tahun kunjungan wisata. Bekerjasama antara Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) dan Kementerian Budaya dan Parawisata di taman Lumbini Candi Agung Borobudur-Jawa tengah. pada Sabtu 26 Juli 2008.
Presiden menambahkan, pendekatan yang dilakukan ini diharapkan akan dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan antar bangsa.
Sementara Ketua Umum DPP Walubi, Dra Hartati Murdaya dalam sambutannya mengatakan jejak jejak warisan peradaban harus diangkat kepermukaan, agar dunia mengetahui bahwa keenam Negara ASEAN sudah memiliki peradaban yang relative sama dan perlu dikunjungi wisatawan regional maupun dunia.
“ kita harus terus meningkatkan kerjasama melalui promosi bersama” pinta Ketua Umum Walubi. Peninggalan sejarah dan kebudayaan yang serupa Borobudur seperti Candi Angkor Wat dari kamboja, Candi Bagan di Myanmar, Candi Luang Frabang di Laos, Candi Ayuthaya di Thailand, Candi Oc’Eo di Vietnam.
Pagelaran seni budaya sendratari dari berbagai Negara Taril of Civilisation masing masing ditampilkan, antara lain; Enlightement, Angulimala Jataka, Human Nature dan Len Dong. Indonesia sendiri menampilkan sendratari The Journey of Buddha King Asoka. Yang menceriterakan perjalanan raja Asoka yang awalnya kejam dalam mempersatukan wilayah India, lalu meninkah dengan seorang wanita yang beragama Buddha. Dengan ajaran Buddha, raja Asoka akhirnya berubah menjadi raja bijaksana, mampui menaklukan berbagai wilayah Asia dengan kearifan kepemimpinannya. Tarian yang sangat menyentuh tersebut dibawakan oleh para mahasiswa dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STTI) Surakarta .
Tampak hadir , Menteri agama Maftuh Basyuni, Menbudpar Jero Wacik, Gubernur Jateng, Andi A Mallarangeng, Dino Patijalal, para Duta Besar Negara sahabat, para tokoh agama serta kurang lebih 100 para pengusaha Tionghoa Indonesia. (toto)



Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.