WALUBI

Bertemu Walubi, Presiden Jokowi Minta Umat Buddha Jaga Kerukunan Beragama



Presiden Joko Widodo menerima Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) di Istana Merdeka, Jakarta. Kedatangan pengurus Walubi ke Istana dipimpin oleh Ketua Umum Walubi Hartarti Murdaya Poo.

Usai bertemu Jokowi, Hartarti memberikan keterangan kepada media. Hartati menjelaskan bahwa Jokowi berpesan agar umat Buddha bisa menjaga kerukunan internal dan juga antar agama di Indonesia.

“Tadi itu membicarakan umat Buddha dan semangat kebangsaan bahwa kita ini dapat warisan dari nenek moyang bahwa kita ini berbhinneka tunggal ika dan bersatu. Itugiven dan harus dipertahankan jangan sampai bangsa dan Tanah Air ini pecah,” kata Hartati Murdaya Poo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8/2017).

“Memang ada pengaruh dunia internasional. Sebenarnya kan orang Indonesia sejak awal rukun. Diminta menjaga kerukunan internal dan antar agama dan berperan serta dalam masyarakat,” lanjut dia.

Hartarti juga menyampaikan, Jokowi juga membicarakan soal ekonomi kepada Walubi. Dijelaskan Hartarti, sekarang banyak isu tentang ketimpangan ekonomi dan lain-lain.


“Ini yang membuat ketakutan investor dan keterlambatan-keterlambatan. Pengusaha kecil dan menengah bisa bersama-sama mengatasi ketimpangan ekonomi. Enggak bisa pemerintah saja yang mengatasi,” ucap Hartarti.

Hartati yang didampingi Jandi Mukianto Wakil Ketua Harian DPP WALUBI mengungkapkan bahwa pelaku ekonomi diharapkan bisa berinvestasi lebih banyak di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden juga memanggil PGI, KWI, dan Parisada Hindu Dharma Indonesia. Para ormas keagamaan ini diminta Presiden untuk terus berperan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.