WALUBI

Pasamuan Daerah ke Tiga DPD Walubi Kalimantan Barat



Pontianak – Bertempat di Hotel Mercure Pontianak, Dewan Pengurus Daerah Perwakilan Umat Buddha Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (23 Juli 2017) mengadakan Pasamuan Daerah yang ke-tiga. Pasamuan ini bertujuan untuk memilih kepengurusan baru untuk periode 2017-2022.

Bhikkhu Saññano Mahathera sebagai Sekretaris Jenderal Perwakilan Umat Buddha Indonesia Pusat turut hadir dalam acara pasamuan daerah Walubi Propinsi Kalimantan Barat ini. Kegiatan pasamuan daerah ini juga dihadiri Yanto SE. S.Pd.B selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kota Pontianak; Kakanwil Kemenag Kalimantan Barat yang diwakili oleh Pembimas Buddha Saryono, S.Ag., M.Pd; FKUB Kalbar; Pengurus Lembaga dan Majelis agama Buddha; Forkopinda Kalbar; para tokoh lintas agama; dan Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Alhi Bidang Sosial dan SDM. Drs. Junaidi, MM.

Ketua panitia Pasamuan Daerah pemilihan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Walubi Kalbar, Yandi mengatakan, pasamuan ini merupakan Pasamuan yang ketiga setelah periode sebelumnya.

“Jadi kita lima tahun sekali kita asakan, dalam rangka merevitalisasi merestrukturisasi supaya organisasi bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas kerukunan umat beragama Kalimantan Barat,” paparnya.

Yandi menjelaskan, pada acara kali ini, Induk organisasi umat Budha di Indonesia ini juga akan mencari rekomendasi yang menjadi tantangan umat Budha kedepan dalam konstelasi yang saat ini terjadi  dan menjasi bagian terpenting dalam proses pembangunan di Kalimantan Barat dan memberikan kontribusi yang jelas.

Saryono dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh jajaran pengurus WALUBI karena selama satu periode telah menjadi mitra kerja yang baik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh umat Buddha khususnya dalam membumikan kerukunan intern dan antar umat beragama. Lebih dari itu ditengah-tengah kemeriahan acara yang dihadiri oleh semua tokoh dari lintas agama dan institusi pemerintahan ini, Saryono mengajak agar semua prestasi yang telah dipersembhakan kepada warga Kalimantan Barat ini hendaknya dijadikan sebagai landasan atau fondasi yang kokoh untuk meningkatkan Dharma Bhaktinya kepada umat dan bangsa tercinta ini. “Siapapun ketua dan Pengurus WALUBI yang terpilih pada peroide 2017-2022, mari bersama-sama menjaga Pancasila, UUD 45, NKRI, dan berkarya secara nyata khususnya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa di bumi Borneo ini” tegasnya.

YM Bhante Saññano dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas karya dan pengabdian yang telah dilakukan. Ketua dan Pengurus DPD WALUBI Prov. Kalbar telah banyak berkiprah dan ikut serta dalam pembangunan bangsa secara universal. “Kami selaku Sekjen DPD WALUBI sekaligus sebagai anggota Sangha mengajak agar Ketua terpilih nanti dan jajarannya dapat menyusun program kerja yang lebih menukik demi kesejahteraan dan kebahagiaan umat Buddha sehingga kedepan semua lapisan masyarakat dapat ikut merasakan manfaat dari apa yang kita lakukan,” ungkapnya.

Dengan senyuman khas dan keceriaan Staf Ahli bidang Sosian dan SDM, Drs. Junaidi.MM turut hadir dalam Pasamuan itu untuk mewakili Gubernur Kalimantan Barat. Dalam pidatonya, beliau memberikan dorongan dan motivasi kepada semua peserta yang hadiri dengan ungkapan WALUBI adalah salah satu organisai besar umat Buddha. WALUBI adalah wadah dimana keberadaannya memiliki tugas pokok dan fungsi utama untuk menyerap aspirasi dari semua majelis, penampung aspirasi dan keluh kesah semua umat Buddha yang dapat memberikan soslusi atau jalan keluar dari seluruh problem yang dihadapi umatnya. “Menurut hemat kami, ternyata selama ini DPD WALUBI prov. Kalbar telah teruji dan mampu mewujudkan harapan besar dari umatnya” jelasnya. Junaidi juga mengajak seluruh pengurus WALUBI untu meningkatkan program kerja yang lebih nyata “kami mengajak, mari di tahun-tahun mendatang kita lebih tingkatkan lagi, bahkan bila perlu dapat memunculkan program  dan karya nyata untuk meningkatkan kesejahteraaan umatnya melalui program ekonomi kreatif Buddhis” Jelasnya.

Setelah melalui serangkaian kegiatan dan pedebatan yang cukup alot dari sesi yang satu ke sesi yang lain, akhirnya memutuskan secara aklamasi bahwa Pdt. Eddy Tansuri terpilih kembali sebagai ketua DPD WALUBI Prov. Kalimantan Barat periode 2017-2022. Dalam kebahagiaan iu selanjutnya YM. Bhante Kanit selaku Sekjen DPP WALUBI melantik Pengurus terpilih dan menyerahkan Patakka kepada keua terpilih. (Metta_Bimas Budha- borneonetv.com)