WALUBI

Kata Sambutan Ketua Majelis Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia – Dalam Rangka Perayaan Waisak 2561 Be / 2017



Kata Sambutan
Ketua Majelis Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia Dalam Rangka
Perayaan Waisak 2561 Be / 2017

Om Avignam Asthu Namo Buddhaya,

Waisak adalah sebuah momen yang selalu dinanti oleh seluruh umat Buddha setiap tahunnya, karena Waisak merupakan Perayaan besar untuk memperingati tiga peristiwa agung dan luhur yang terjadi di bulan Waisak pada masa kehidupan Sang Buddha Gautama. Tiga peristiwa agung dan luhur tersebut menjadi sebuah penanda tahapan penting dalam kehidupan seorang Samma Sambuddha yaitu peristiwa pada saat Pangeran Sidharta dilahirkan, peristiwa pada saat Pangeran Sidharta mencapai Ke-Buddha-an dan peristiwa pada saat Samma Sambuddha Gautama mencapai Parinibbana. Sebuah tanda keagungan dari tahapan kehidupan Samma Sambuddha Gautama dimana seluruh peristiwa tersebut terjadi di bulan yang sama yaitu di bulan Waisak.

Setiap tahunnya, WALUBI selalu mewadahi Perayaan Waisak Nasional yang dihadiri oleh puluhan ribu umat Buddha baik dari dalam dan luar negeri yang dipusatkan di Candi Mendut dan Candi Agung Borobudur yang merupakan warisan budaya Bangsa dan menjadi simbol kebesaran dan kejayaan agama Buddha di bumi Nusantara pada masanya, oleh sebab itu kita sebagai umat Buddha pewaris Bangsa harus senantiasa saling bekerjasama dan bersatu demi kejayaan kita semua.

Tahun ini, perayaan Waisak Nasional mengangkat tema “Tingkatkan Kesadaran Menjadi Kebijaksanaan” dan sub tema “Kembangkan Hati Buddha dan Potensi Ke-Buddha-an”. Tema dan sub tema ini selaras dengan arah pembinaan umat yang dilakukan oleh Majelis Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia, sehingga diharapkan kita semua dapat meningkatkan kualitas diri dan batin masing-masing dari tahapan menyadari menjadi bijaksana dengan cara mengembangkan hati Buddha dan potensi Ke-Buddha-an yang dimiliki oleh setiap umat dalam menjalankan kesehariannya.

Segenap pengurus DPP dan DPW Majelis Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia mengucapkan selamat Hari Tri Suci Waisak 2561 BE / 2017. Semoga berkah Waisak melimpah untuk kejayaan Bangsa Indonesia dan membawa kebahagiaan bagi umat Buddha dimanapun berada. Akhir kata kami mohon maaf bilamana ada kata-kata yang kurang berkenan. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Svaha… Svaha … Svaha.

Om Mani Padme Hum.


Maitri Karuna,
Majelis Agama Buddha Tantrayana
Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia


Winarni Harsono
Ketua Umum